15.20 | Posted in



BERLIN, TRIBUN - Akademisi Jerman percaya mereka telah memecahkan misteri besar berabad-abad tentang identitas di balik lukisan Leonardo da Vinci paling kondang sejagat, Mona Lisa.

Selama ini mitos yang beredar, Mona Lisa adalah gambaran sosok Lisa Gherardini, istri bangsawan Florence Francesco del Giocondo. Lukisan Mona Lisa sendiri dibuat pada abad 16.

Tapi ahli sejarah selalu menyebut sosok dengan senyum misterius itu menggambarkan kekasih da Vinci, ibunya, atau pelukis yang karyanya melegenda itu sendiri.

Sekarang, para ahli di Universitas Heidelberg meyakinkan berdasar riset pustaka abad 16, dengan bukti sebuah catatan di buku terbitan Oktober 1503, sosok itu memang Lisa Gherardini atau Lisa del Giocondo.

“Semua keraguan tentang identitas Mona Lisa akan segera hilang dengan temuan Dr Armin Schlechter,” kata seorang pustakawan Universitas Heidelberg, Selasa (15/1) WIB seperti dikutip Reuters.

Dr Armin Schlechter adalah pakar manuskrip di universitas ini. Catatan yang ditemukan di manuskrip tua itu dibuat oleh seorang pejabat kota Florence, Agostino Vespucci.


Salah satu bagian catatan itu memaparkan komentar yang membandingkan Leonardo dengan seniman Yunani kuno, Apelles. Dan si penulis mengatakan dia (da Vinci) mengerjakan tiga lukisan potret, salah satunya potret Lisa del Giocondo.

“Tak ada alasan lagi untuk setiap keraguan bahwa ini perempuan lain (selain Lisa del Giocondo),” kata ahli sejarah seni Universitas Leipzig, Frank Zoellner kepada radio Jerman.

Sosok Lisa untuk pertama kali dikaitkan dengan lukisan Mona Lisa sekitar 1550 oleh seorang pejabat Italia, Giorgio Vasari. Tapi keraguan tentang keterkaitan dua sosok ini masih begitu hebat.

Catatan yang dipecahkan pakar Universitas Heidelberg sebenarnya ditemukan sejak dua tahun lalu oleh Schlechter. Tetapi butuh waktu cukup bagi mereka untuk meyakinkan bahwa itulah bukti yang akan memecahkan misteri Mona Lisa.

Lukisan Mona Lisa saat ini digantung di sebuah ruang khusus di Museum Louvre, Paris. Dia sudah dikunjungi jutaan orang, dan menjadi koleksi museum paling banyak dilihat.

Lukisan perempuan tersenyum ini juga dikenal dengan julukan “La Gioconda”, yang artinya perempuan Italia yang periang.(xna)

Category:
��

Comments

0 responses to "Misteri Pecah: Mona Lisa"